Batam Aktif Input Data Covid-19 ke Aplikasi Nasional

 Lawan Corona Batam– Kementerian Kominfo mengapresiasi pemerintah daerah yang berpartisipasi aktif dalam gerakan kemanusiaan melawan Covid-19. Khususnya kepada Dinas Kominfo yang rutin mengisi data korban Covid-19 di daerahnya ke aplikasi umum Bersatu Lawan Covid, data.covid19.go.id.

“Dari rekap yang dikirim Kementerian Kominfo, terdapat 160 Dinas Kominfi kabupaten/kota dari 29 provinsi yang aktif mengirimkan data pasien Covid-19 ke aplikasi nasional. Batam salah satunya. Dan menjadi satu-satunya di Provinsi Kepri,” kata Kepala Dinas Kominfo sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Azril Apriansyah, Jumat (1/5).

Data yang diisikan pada aplikasi ini antara lain tentang pengiriman spesimen, hasil konfirmasi cek laboratorium, hingga identifikasi kasus. Pada identifikasi kasus ini disampaikan data detail mengenai pasien. Antara lain identitas pribadi, riwayat sosial ekonomi, pemeriksaan fisik pasien, informasi klinis pasien, riwayat penyakit, riwayat perawatan, pemeriksaan penunjang, hasil diagnosa, faktor kontak atau paparan, hingga daftar kontak pasien dengan orang-orang terdekat.

Azril mengatakan Dinas Kominfo bisa menyampaikan data tersebut tak lepas dari peran Dinas Kesehatan Kota Batam. Sebagai sumber data utama terkait pasien Covid-19, Dinas Kesehatan juga selalu aktif menyuplai informasi ke Dinas Kominfo.
“Setiap hari kita update data Covid-19 ini. Tak hanya ketika ada yang terkonfirmasi positif tapi juga perubahan data orang dalam pemantaun (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP),” ujarnya.

Data hasil kerja sama Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo ini disajikan dalam bentuk grafis. File-nya setiap hari dipublikasikan melalui website yang Pemko Batam siapkan yaitu lawancorona.batam.go.id.

“Kita juga menyebarluskan informasi ini ke rekan-rekan media melalui grup-grup Whatsapp. Sehingga update informasi terkait Covid-19 di Batam juga bisa sampai ke masyarakat melalui media massa,” tutur Azril.(MC Batam)

Scroll Up