Tinjau Posko PPKM, Kepala BNPB Apresiasi Pengendalian Covid-19 di Batam

Lawancorona Batam – Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Ganip Warsito meninjau Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, Sabtu (7/8/2021).

Pada kesempatan ini, rombongan mengunjungi Posko PPKM di bilangan Mega Legenda, Batam Kota. Melihat langsung penerapan posko di Batam, Ganip mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi Pemko Batam, khususnya Wali Kota Batam Muhammad Rudi atas dedikasi penanganan Covid-19 yang dilaksanakan dengan sangat baik. Pengendalian yang baik ini, membuat Batam kini tidak dikategorikan daerah yang menerapkan PPKM level 4.

“Saya baru melihat di sini (Batam) bahwa petugas PPKM lengkap, kompak dan bekerja sama yang didukung Pemda yang luar biasa. Ini menjadi penting, karena PPKM merupakan front liner (garda terdepan) mengendalikan Covid-19,” ucap Ganip.

Ia juga mengapresiasi, posko PPKM Batam telah melaksanakan empat tugas utama petugas PPKM Mikro, yakni pencegahan, pembinaan, penanganan serta fungsi dukungan. Hasilnya juga sudah dirasakan oleh masyarakat, ia berharap hal ini dapat dipertahankan.

“Dan, Batam ini merupakan garda terdepan NKRI, berbatasan dengan negara tetangga, saya harap skrining orang yang datang juga harus diperhatikan,” harap dia.

Terlepas dari capaian, Ganip meminta semua pihak di Batam agar tidak lengah. Menurutnya, pandemi ini belum tahu kapan akan berakhir. Namun yang harus diwaspadai adalah virus penyebab Covid-19 ini dapat bermutasi dan memunculkan varian-varian baru.

“Oleh karenanya agar terhindar dari paparan virus laksanakan prokes, khususnya masker yang merupakan proteksi paling awal yang harus dilakukan setiap orang. Tak ada satu orangpun yang kebal dari virus ini, makanya jaga dengan masker dan prokes lainnya,” harap dia.

Selain prokes, upaya lain yakni dengan cara vaksinasi. Ia mengimbau, masyarakat dalat ikut menyukseskan kegiatan ini. Saat stok tersedia, ia berharap masyarakat dapat memanfaatkannya.

“Sama ini, kalau merasakan badan sakit segera periksakan diri ke puskesmas. Kita wajib menjaga diri dan orang lain,” imbuhnya.

Setelah meninjau posko PPKM, Ganip bersama Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, dan Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu mengikuti vicom dengan Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyampaikan, pengendalian Covid-19 tidak lepas dari dukungan semua pihak. Dari masyarakat, tenaga kesehatan hingga Forkopimda. “Saya berterimakasih banyak kepada TNI Polri yang sejak awal ikut aktif bersama kami mencegah dan menangani pandemi ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, saban hari, pada setiap kesempatan, Rudi bersama Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad kerap mengimbau masyarakat untuk tidak lengah dan meminta untuk tetap melaksanakan prokes. Hal yang sama juga dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid.