Rudi Imbau Pengelola Tempat Publik Sering Bersihkan Lokasi Keramaian

Media Center Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengimbau pengelola tempat publik untuk sering membersihkan lokasinya. Langkah ini perlu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona di tengah masyarakat.

“Saya sudah sampaikan, tempat keramaian mohon para penyelenggara, kebersihannya dijaga. Kalau ada keramaian, setelah itu kursi dan sebagainya harus dibersihkan,” pesan Rudi di Batam Centre, Rabu (11/3).

Imbauan serupa juga disampaikan kepada pengelola kendaraan umum, seperti kapal feri. Agar setelah seluruh penumpang turun dari kapal, ruangan dalam bisa disemprot pembersih.

Begitu juga tempat ibadah, agar sering membersihkan peralatan beribadah yang ada. Misal masjid, diminta untuk sering mencuci karpet sajadahnya.

“Semua tempat keramaian sudah dianjurkan demikian. Tidak lain, kita ingin mengantisipasi. Supaya jika ada penyakit tidak menularkan ke yang lain,” ujar Rudi.

Selain itu, Rudi juga meminta masyarakat untuk menerima rencana pembangunan rumah sakit infeksi di Ex Camp Vietnam Galang. Warga tak perlu khawatir karena pemerintah pusat pasti akan menyiapkan sarana kesehatan ini dengan sempurna.

“Tujuan rumah sakit ini adalah membatasi, sehingga tidak menularkan pada yang lain. Orang yang sakit itu mau kita sembuhkan. Rumah sakitnya kita minta dipagar sehingga yang sakit dapat dirawat dengan baik dan tidak keluar sembarangan,” paparnya.

Rumah sakit ini menurutnya tidak hanya untuk penanganan virus corona. Tapi juga untuk penyakit menular lainnya.

“Contohnya TBC. Apabila ditemukan masyarakat yang mengidap penyakit ini perlu dirawat, harus diisolasi, dikarantina. Sekarang di RSUD Embung Fatimah. Pasti tidak memuaskan kepada pasien yang sakit. Maka kalau ada tempat khusus, kita bisa antisipasi agar penyakit menularnya tidak ke yang lain,” terang Rudi.

Scroll Up