Beredar Surat Imbauan Pemesanan APD ke Orang Tertentu, Dinkes : itu Hoax

Media Center Batam – Dinas Kesehatan Kota Batam menegaskan bahwa surat imbauan agar perusahaan membeli alat pelindung diri (APD) ke oknum tertentu adalah hoaks. Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan surat berkop Dinas Kesehatan dengan tanda tangannya adalah surat palsu.

“Tanda tangan dan capnya dipalsukan. Ini bentuk penipuan yang membawa nama Dinas Kesehatan,” tegas Didi melalui aplikasi pesan, Sabtu (11/4).

Pada surat yang tidak bertanggal tersebut, perusahaan diminta melengkapi APD bagi karyawannya dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease (Covid-19). Selain itu juga diimbau untuk membagikan ke masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

Namun dalam pengadaan APD, perusahaan diarahkan untuk membeli ke pengurus atau penanggung jawab yang ditunjuk Dinas Kesehatan. Surat ini juga mencantumkan dua nama beserta nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pembelian APD.

“Tidak benar isi surat itu. Kita tidak ada membuat imbauan seperti itu dengan menunjuk penanggung jawab pemesanan,” ujarnya.

Didi mengaku sudah melaporkan hal tersebut ke pihak berwenang. Ia berharap tidak sampai ada pihak yang dirugikan akibat surat palsu tersebut.