Hadapi Covid -19, Batam Kota Percepat Bantuan Sembako

 Lawan Corona Batam– Kecamatan Batam Kota dan Sekupang membagikan sembako bantuan pemerintah untuk warga terdampak corona virus disease (Covid-19), Senin (20/4).

Sama seperti Kecamatan Lubukbaja dan Sagulung yang sudah lebih dulu mendistribusikan sembako sehari sebelumnya. Sistem pembagiannya yaitu dengan pengantaran dari rumah ke rumah warga. Sehingga tidak terjadi pengumpulan massa sesuai protokol pencegahan penanganan Covid-19.

“Sesuai arahan Wali Kota, untuk menghindari orang ramai berkumpul maka kami membagikan sembako ini door to door, by name by address by phone sesuai hasil pendataan,” kata Camat Batam Kota, Aditya Guntur Nugraha.

Pendistribusian dilakukan secara berjenjang. Dari kecamatan ke kelurahan lalu ke RW dan RT. Saat mendistribusikan sembako ke masyarakat penerima, tim bersama relawan didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Selama proses pendistribusian, tim dilengkapi dengan alat pelindung diri berupa masker. Juga dibekali hand sanitizer. Selain itu juga tetap menjaga jarak aman antar individu. Tim datang, masyarakat tunggu di rumah saja,” kata dia.

Aditya mengatakan Batam Kota mendapat bantuan 20.577 paket sembako di tahap I ini. Dibagikan di 125 RW yang ada di enam kelurahan dengan rincian Belian 5.550 paket, Baloi Permai 4.716 paket, Teluk Tering 2.836 paket, Sei. Panas 4.980, Taman Baloi 2.283 paket dan Sukajadi 212 paket sembako.

Hal senada disampaikan Camat Sekupang, Muhammad Arman. Sistem pembagian dari rumah ke rumah juga diterapkan di Sekupang.

“Saat mendistribusikan, petugas ditemani RT setempat untuk memudahkan,” ujarnya.

Kecamatan Sekupang mendapatkan 31 ribu paket sembako. Penerima merupakan orang yang terdampak langsung Covid-19. Di antaranya pekerja perhotelan yang dirumahkah, pelaku UKM, tukang ojek, dan warga tidak mampu.

“Karena door to door jadi pendistribusian akan memakan waktu dua hingga tiga hari. Warga harap bersabar,” pesan Arman.(MC.Batam)

Scroll Up