Ikuti Protokol Covid-19, Pemantauan Hilal Maksimal 10 Orang

Lawan Corona Batam – Pemantauan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan akan digelar Kamis (23/4) sore. Pemantauan hilal di Kota Batam rencananya dilaksanakan di Pantai Tanjungpinggir, Sekupang.

“Kita laksanakan di Tanjungpinggir besok sore pukul 16.00 WIB,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain di Batam Centre, Rabu (22/4).

Sesuai protokol penanganan corona virus disease (Covid-19), petugas rukyatul hilal nantinya akan dibatasi. Cukup 10 orang paling banyak. Di dalamnya sudah termasuk Kepala Kemenag Batam dan perwakilan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kepada umat muslim Batam, Kemenag mengimbau untuk mematuhi anjuran pemerintah dalam beribadah selama masa Covid-19. Antara lain melaksanakan salat wajib dan tarawih di rumah masing-masing.

Kemudian tidak membuat acara seperti pengajian dan sebagainya yang mengumpulkan orang banyak. Termasuk peniadaan kegiatan buka bersama ataupun sahur keliling. Juga tidak berkumpul-kumpul jelang buka puasa atau ngabuburit.

“Kita tetap mengimbau agar patuh dengan keputusan pemerintah. Ini untuk kemaslahatan kita bersama. Kehati-hatian harus lebih diutamakan. Ada kewajiban menjaga diri, tak boleh menjatuhkan diri pada keburukan,” pesannya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi juga menyampaikan hal senada. Ia kembali mengingatkan warga untuk tetap melaksanakan protokol pencegahan penularan Covid-19.

“Warga bisa beribadah di rumah. Di masjid cukup yang adzan dan tadarus,” ujar Rudi.(MC Batam)