Menyambut Gembira Vaksinasi bagi Lansia

Lawancorona Batam – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, menyambut gembira vaksinasi bagi masyarakat kelompok lanjut usia (lansia) di Batam. Dengan dimulainya vaksinasi tersebut, kini para lansia sudah terlindungi dari virus corona.

“Alhamdulillah para lansia sangat antusias. Saya berpesan agar tidak risau, kita sama-sama menyambut bahagia vaksinasi ini karena kita sudah berupaya menjaga dan melindungi orang tua kita,” ujar Amsakar saat meninjau vaksinasi Covid-19 bagi lansia di D’STEAM, Kampung Seraya, Batuampar, Rabu (24/3/2021).

Di kesempatan itu, Amsakar juga berpesan bagi para pendamping lansia agar memperhatikan para lansia selama ikut vaksinasi tersebut. Dan bagi para petugas, agar membimbing dengan santun dan melayani lansia dengan sepenuh hati.

“Ini orang tua kita, kita ingin mereka tetap sehat dan mendapat kekebalan tubuh agar bisa beraktivitas seperti biasa dan tak lagi khawatir dengan virus Covid-19,” ujarnya.

Ia pun mengingatkan, meski sudah divaksin, protokol kesehatan tetap diterapkan dengan ketat untuk meminimalisir risiko terjangkit atau menjangkitkan Covid-19. Ia berharap, dengan ikhtiar vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan ini dapat menyelesaikan persoalan Covid-19 di Batam.

“Mari sama-sama kita melawan Covid-19, dengan kebersamaan inilah penanganan virus ini lebih mudah dan semoga kita segera terbebas dari musibah ini,” kata Amsakar.

Ia juga mengapresiasi Love and Kindness (L&K) Charity Group yang ikut mendata para lansia penerima vaksin Covid-19 di Batam. Ia berharap, ke depan makin banyak lansia mendapat vaksin.

“Ini yang saya katakan, perlu kerja kolektif dalam menangani Covid-19. Tujuan kita sama, bagaimana masyarakat sehat dan ekonomi Batam pulih,” katanya.

Sementara itu, Perwakilan Pendiri L&K Charity Group, Hendra Asman, sangat mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemko) Batam yang terus menjalankan vaksinasi Covid-19. Ia menyampaikan, L&K Charity Group siap berkolaborasi dan menjadi mitra pemerintah untuk menjalankan program-program sosial di Batam.

“Kami dari pendiri sungguh tergugah saat kami diberi kesempatan berkontribusi untuk berbuat baik di kegiatan yang hebat ini (vaksinasi Covid-19 bagi lansia),” ujar Anggota DPRD Batam tersebut.

Untuk kesempatan kali ini, sebanyak 500 lansia yang dipakai Covid-19. Kegiatan itu digelar dua hari dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Hendra juga berharap agar vaksinasi juga diberikan bagi relawan agar tetap bisa menjalankan kegiatan sosial di Batam ke depannya.

“Relawan ini tetap berjuang meski dalam kondisi sedang pandemi, demi melindungi mereka kami mohon kepada Pak Wali dan Pak Wakil agar para relawan juga dapat divaksin,” pintanya.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Salim, serta anggota DPRD Batam dan Kepri.

Kepala Dinkes, Didi Kusmarjadi, juga menyampaikan program vaksinasi Covid-19 akan terus berjalan. Hingga saat ini, kurang lebih 12 ribu masyarakat yang sudah divaksin. Khusus bagi lansia, sebelumnya sudah dilaksanakan 40 orang, kemudian 500 orang pada Rabu (24/3/2021), dan ke depan akan ada vaksinasi bagi lansia melalui Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI).

“Untuk saat ini kita masih menunggu stok vaksin. Rencana akan tiba 40 ribu vaksin untuk Batam yang akan kita fokuskan bagi lansia dan para guru,” ujarnya.

Ia menuturkan, lebih dari 10 ribu lansia yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Ia berharap, kebutuhan atau stok vaksin bagi Batam terus ditambah demi menyukseskan vaksinasi Covid-19.

“Kebutuhan kita mencapai 900 ribu vaksin. Kita harapkan jaminan ketersediaan vaksin berkesinambungan, kalau dari sisi pelaksanaan atau sumber daya manusia (SDM) kita sudah sangat siap menyukseskan vaksinasi ini,” ujarnya.