Pemerintah Berupaya Maksimal Cegah Masuknya Virus Corona

Media Center Batam – Pemerintah Kota Batam meminta warga tidak terlalu khawatir terhadap penyebaran virus corona. Karena pemerintah bersama otoritas kesehatan lainnya sudah bersiaga untuk mencegah masuknya virus tersebut.

“Seperti pasien yang diduga terserang virus corona kemarin. Langsung kita observasi dan lakukan pemeriksaan laboratorium. Dari hasil lab, dinyatakan negatif 2019 n-CoV. Sehingga sudah boleh dipulangkan,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi di Batam Centre, Minggu (2/2).

Begitu juga terkait rencana kepulangan warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan Tiongkok, melalui Batam. Pesawat Batik Air yang membawa 245 WNI dari daerah diduga asal timbulnya virus ini sudah mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, Minggu sekitar pukul 09.00 WIB.

Sampai di bandara, mereka langsung dipindahkan ke tiga pesawat milik TNI yang sudah bersiap sejak sehari sebelumnya. Mereka kemudian diterbangkan ke Natuna untuk diobservasi. Observasi akan dipusatkan di pangkalan TNI di sana.

“Dari informasi yang kita dapat, pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan di atas pesawat. Mereka dinyatakan sehat. Tapi tetap sesuai prosedur WHO, harus dilakukan observasi selama masa inkubasi virus, dua pekan,” terangnya.

Pada Sabtu (1/2), otoritas kesehatan bersama TNI-Polri dan kementerian terkait lainnya melakukan berbagai persiapan menyambut kepulangan WNI dari Wuhan ke tanah air. Persiapan dilakukan tak hanya di Batam tapi juga Natuna.

“Ini artinya pemerintah berupaya melakukan yang terbaik untuk melindungi masyarakatnya. Jadi masyarakat diharap tidak khawatir berlebihan. Saring informasi yang didapat sebelum ikut menyebarkan,” pesan Didi.

Scroll Up