Gugus Tugas Susun Protokol Penanganan Covid-19

????? ?????? ????? – Pemerintah Kota Batam bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) menyusun protokol penanganan Covid-19. Protokol disiapkan untuk berbagai kondisi dan lokasi.

“Protokol ini kita susun dengan mengacu pada protokol yang diterbitkan pemerintah dan gugus tugas pusat,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Azril Apriansyah di Batam Centre, Rabu (18/3).

Adapun protokol yang telah disusun antara lain protokol di pasar atau kawasan pedagang kaki lima. Di lokasi ini, operator, agen pengelola, kontraktor, dan stafnya harus diingatkan untuk lakukan pemeriksaan suhu tubuh setidaknya dua kali sehari. Jika dalam keadaan tidak sehat sebaiknya segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Kemudian gunakan masker apabila batuk atau pilek, terapkan etika batuk/bersin, bersihkan toilet setelah gunakan, biasakan membersihkan diri dengan cuci tangan, serta gunakan sarung tangan saat melakukan pembersihan.

Berikutnya protokol penanganan Covid-19 di sarana transportasi publik. Sopir dianjurkan tidak membawa kendaraan apabila dalam keadaan tak sehat dan segera periksakan diri ke fasyankes. Selanjutnya terapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti mencuci tangan dengan sabun dan membuang sampah di tempatnya. Penumpang yang demam, batuk, pilek sebaiknya memakai masker selama berada di dalam kendaraan. Petugas juga diminta untuk mengukur suhu tubuh secara berkala, setidaknya dua kali sehari.

Tim juga menyiapkan protokol untuk penyelenggaraan acara berskala besar. Bagi penyelenggara, diminta untuk melakukan screening awal melalui pemeriksaan suhu tubuh. Jika ditemukan orang dalam kondisi tidak sehat, sebaiknya tidak diikutsertakan dalam acara. Penyelenggara juga harus memastikan lokasi acara memiliki sirkulasi udara yang baik. Serta menyiapkan fasilitas cuci tangan yang memadai. Sementara bagi peserta diminta untuk menginformasikan ke panitia apabila baru kembali dari negara dengan transmisi lokal covid-19. Peserta harus menerapkan PHBS dan hindari berjabat tangan dengan peserta lain.

“Kita juga menyiapkan protokol kesehatan. Apa saja yang harus dilakukan bagi mereka yang tidak sehat, dan bagi mereka yang sehat namun ada riwayat perjalanan dari negara terjangkit atau merasa pernah kontak dengan penderita Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kota Batam ini.

Azril mengatakan semua protokol menghadapi Covid-19 ini secara lengkap bisa diakses melalui situs https://lawancorona.batam.go.id/ Masyarakat juga bisa menghubungi hotline centre corona di 112 atau 081277815333 untuk mengetahui informasi seputar penyakit ini di Kota Batam.