Rudi: Bantuan Singapura Tiba Pekan Depan

Lawancorona – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Batam, Muhammad Rudi mengungkapkan, Batam kembali mendapat bantuan dari Singapura. Bantuan untuk penanganan Covid-19 ini secara simbolis diserahkan saat konferensi video di Kantor Wali Kota Batam, Senin (11/5/2020).

Bantuan ini berupa 100.000 masker N-95 dan 5.000 liter cairan pencuci tangan (hand sanitizer). Rudi mengapresiasi kepedulian negeri jiran tersebut terhadap Batam yang sedang berjibaku melawan Covid-19.

“Bantuan ini akan tiba pekan depan,” ujar Wali Kota Batam tersebut, usai konferensi video bersama perwakilan perusahaan pemberi bantuan itu.

Rudi mengucapkan terima kasih kepada pihak Singapura yang terus membantu Batam dalam menghadapi Covid-19.

Di kesempatan yang sama, Rudi juga menyampaikan kondisi Batam berangsur membaik. Sebanyak 47 pasien yang dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan Batam dan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 Pulau Galang, dinyatakan sembuh.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data tim yang ia pimpin hingga Senin (11/5/2020), sebanyak 22 pasien sembuh setelah ditangani tenaga kesehatan di RS rujukan di Batam dan 25 pasien yang dirawat di RSKI Covid-19 Pulau Galang, Batam. Selain itu, ada tujuh pasien yang meninggal dunia.

“Sisa yang dirawat masih 14 pasien. Empat pasien di RSKI Covid-19 Galang dan 10 di RS rujukan di Batam,” kata dia.

Dengan adanya bantuan ini, kata Rudi, sangat membantu Batam dalam menangani Covid-19. Ia berharap kondisi ini segera berlalu dan kegiatan ekonomi di Batam kembali normal.

“Bantuan ini tentu sangat bernilai dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di Batam, khususnya dalam pencegahan penularan virus ini,” kata dia.

Bantuan ini berasal dari sejumlah pengusaha Singapura dan difasilitasi Duta Besar Indonesia di Singapura, I Gede Ngurah Swajaya serta Singapore Economic Development Board.

Adapun, yang ikut berpartisipasi dalam bantuan ini yakni Asia Commercial Excelitas Technologies Singapore Pte Ltd, Asia Firmenich Asia Private Limited, Infenion Technologies Asia Pacific Pte Ltd, Panasonic Industrial Services Singapore, PT Batamindo Investment Cakrawala Gallant Ventures (Salim Group), PT SMOE Indonesia (Sembcorp Marine), Singapore Epson Industrial Pte Ltd, Shimano (Singapore) Pte Ltd, Palm Spring Golf and Country Club Sinar Mas Land, Toshiba TEC Singapore, dan Yokogawa Electric Asia Pte Ltd.