Terapkan Protokol Kesehatan, Penumpang Trans Batam Hanya 30 Persen Kapasitas Bus

Lawancorona Batam – Dinas Perhubungan mengurangi kapasitas penumpang bus Trans Batam sebanyak 60-70 persen. Hal ini demi memenuhi protokol kesehatan di masa pandemi corona virus disease (Covid-19).

“Kita kurangi tak cuma 50 persen, tapi lebih. Contoh biasanya penumpang 40 sekarang tinggal 12 orang saja,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi di Batam Centre, Selasa (16/6).

Pengurangan penumpang disusun dengan pemberian jarak antar tempat duduk. Pada tempat yang tak boleh diduduki, pengelola Trans Batam menempelkan lem berbentuk silang besar.

“Selain itu juga tidak ada lagi penumpang yang berdiri,” tuturnya.

Rustam menegaskan walaupun jumlah penumpang berkurang, tarif Trans Batam tetap. Dinas Perhubungan tidak ada rencana menaikkan tarif angkutan umum tersebut.

Upaya lain yang dilakukan untuk mencegah penularan covid-19 yaitu menyemprot bus dengan disinfektan. Penyemprotan rutin dilakukan sehari dua kali, tiap pagi dan sore.

“Kemudian kita juga menyediakan hand sanitizer untuk penumpang. Penumpang dan petugas wajib menggunakan masker,” kata dia.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan juga melakukan sosialisasi serta pemantauan ke lokasi-lokasi sarana transportasi terkait penerapan protokol kesehatan. Antara lain ke pelabuhan baik internasional maupun domestik dan pengumpan. Kemudian ke bandara, halte-halte, dan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi termasuk transportasi angkutan barang.

Scroll Up