Amsakar Ingatkan Pentingnya Kebersamaan dalam Penyelesaian Covid-19

Lawancorona – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad kembali datang ke kecamatan, Jumat (5/6). Kali ini Amsakar turun guna mengecek kelengkapan bahan pokok yang akan dibagikan ke masyarakat miskin terdampak corona virus disease (Covid-19) di Sagulung.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini hadir di dua lokasi. Yaitu titik distribusi Kelurahan Tembesi dan Sei Pelunggut.

Menariknya, saat di Kelurahan Sei Pelunggut, Amsakar pun sempat membantu ibu-ibu yang tengah memasak bersama di fasum tersebut. Menurut informasi, ibu-ibu membuatkan masakan untuk dibagikan ke jemaah salat Jumat dan masyarakat sekitar lingkungan nantinya.

“Semangat kebersamaan dan gotong royong ini yang perlu kita pupuk serta tumbuhkan terus. Terutama di masa sulit seperti sekarang. Saya yakin kita bisa melewatinya dengan usaha kolektif kita. Tapi jangan lupa, tetap jalankan protokol pencegahan penularan covid ini Bapak Ibu,” pesan Amsakar.

Seperti di setiap tempat yang dikunjungi, di Sei Pelunggut ini ia juga kembali mengingatkan warga tentang pentingnya menjalankan protokol pencegahan penularan covid-19. Antara lain wajib pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir atau gunakan hand sanitizer, serta jaga jarak fisik atau physical distancing.

Terkait sembako, Amsakar menjelaskan bahwa bahan pokok yang akan dibagikan saat itu adalah bantuan tahap II dari Pemerintah Kota Batam. Kecamatan Sagulung bersama Nongsa menjadi kecamatan terakhir yang didistribusikan. Sedangkan 10 kecamatan lain sudah selesai Mei lalu.

Pendistribusian untuk Kecamatan Sagulung dan Nongsa memang sempat tertunda karena ada kendala transportasi barang saat itu. Sehingga pembagian ke masyarakat di dua kecamatan ini ditunda di awal Juni.

“Tapi untuk isi tetap sama. Ada beras, minyak goreng, dan mie instan,” ujarnya.

Camat Sagulung, Reza Khadafi mengatakan jumlah bahan pokok yang dibagikan ke warganya di tahap II ini sebanyak 48.889 paket. Rinciannya yaitu 13.743 paket untuk Kelurahan Tembesi, 9.347 paket di Kelurahan Sei Langkai, 5.447 paket untuk Kelurahan Sei Lekop, 6.216 paket Kelurahan Sei Binti, 7.292 paket Kelurahan Sei Pelunggut, dan 6.844 paket untuk Kelurahan Sagulung Kota.